Jum'at, 18 Agustus 2017 pkl 00:12 WIB
ventilasi....
Kontribusi oleh Achmad Basuki   
Nov 04, 2013 at 07:44 AM


VENTILASI PADA BANGUNAN


Oleh : Achmad Basuki, ST., MT.

dimuat di Harian JOGLOSEMAR, Minggu 3 Nopember 2013

 

Ventilasi merupakan suatu tempat keluar dan masuknya udara pada suatu ruangan pada bangunan. Keluar masuknya udara dimaksudkan sebagai sirkulasi udara, yang tidak hanya membuat kondisi ruangan nyaman juga mempertahankan kelembaban yang normal dan memenuhi syarat.

Sebenarnya sudah cukup banyak cara untuk membuat ventilasi pada bangunan agar diperoleh kondisi yang nyaman dan sejuk pada ruangan dalam bangunan. Banyak peralatan dan mesin yang digunakan untuk mencapai hal itu. Namun demikian, sebagian ternyata masih menjadi masalah, terutama dikaitkan dengan masalah penggunaan energi dan konsep bangunan hijau dan berkelanjutan (green and sustainable building). Parahnya, bangunan tersebut selain tidak nyaman, juga tidak sehat akibat sirkulasi udara dan penggunaan material yang menjadi polutan, serta tidak hemat energi.

 

baca lanjut...
PEREKAT KAYU OLAHAN
Ditulis oleh ADM JTS FT UNS   
Oct 27, 2013 at 07:16 PM


PEREKAT KAYU OLAHAN


Oleh : Achmad Basuki, ST., MT.

Dimuat di Harian JOGLOSEMAR, Minggu 27 Oktober 2013

Gambar : Esveelka.blogspot.com

Pada konstruksi dengan material berbahan dasar dari kayu, terutama untuk produk-produk kayu olahan seperti kayu lapis (plywood), blockboard, papan partikel (particleboard), Laminated Veneer Lumber (LVL), Cross Veneer Lumber (CVL), oriented strandboard (OSB) dan wafer-board, kayu lamina (glulam – glue laminated), dan sebagainya, perekat (adhesives) memainkan peranan yang cukup penting dalam menjamin mutu produk kayu olahan tersebut.

 

baca lanjut...
KUALITAS UDARA PADA BANGUNAN
Ditulis oleh ADM JTS FT UNS   
Oct 17, 2013 at 04:59 PM

KUALITAS UDARA PADA BANGUNAN

Oleh : Achmad Basuki, ST. MT.

 

 

Pada desain suatu bangunan, tentunya diharapkan dapat memberikan jaminan keamanan, kenyamanan dan kesehatan bagi penghuninya, baik sebagai rumah tinggal maupun sebagai tempat beraktifitas sehari-hari.

Keamanan bangunan menyangkut perlindungan penghuninya dari keruntuhan bangunan dan fasilitasnya, serta ancaman dari luar yang menyangkut serangan binatang liar, perubahan iklim/cuaca, dan kejahatan manusia.

baca lanjut...
<< Awal < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>

Jurusan Teknik Sipil FT UNS Surakarta