4th CEEDRiMS 2023

CEEDRiMS (Civil Engineering, Environmental, Disaster, and Risk Management Symposium) adalah Seminar Nasional di bidang Teknik Sipil yang merupakan kegiatan tahunan KOMDA 3 Badan Musyawarah Pendidikan Tinggi Teknik Sipil Seluruh Indonesia (BMPTTSSI). Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyediakan forum untuk komunikasi antar akademisi, praktisi dan pemerhati bidang Teknik Sipil dalam membahas perkembangan dan memecahkan permasalahan di bidang Teknik Sipil. CEEDRiMS sudah dilaksanakan secara sukses dari mulai tahun 2018 yang masih Bernama CEES dan dilaksanakan oleh Universitas Diponegoro (UNDIP) dan CEES 2019 di Universitas Negeri Semarang (Unnes). Tahun 2020, CEES berubah nama menjadi CEEDRiMS yang digelar oleh Universitas Islam Indonesia dan selanjutnya pada tahun 2021 digelar di Surakarta tepatnya di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Pada tahun 2022, acara ini dilaksanakan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakararta (UMY) pada bulan Juni 2022. Sedangkan pada tahun 2023, CEEDRiMS akan dilaksanakan di Surakarta dengan Universitas Sebelas Maret sebagai penyelenggara.

Program Studi Teknik Sipil UNS pada tahun 2023 akan mengadakan seminar Nasional CEEDRiMS dengan tema “Pengembangan Material, Teknologi, dan Infrastruktur Berkelanjutan dalam Upaya Mitigasi Bencana”. Seminar ini akan dilaksanakan secara Offline pada tanggal 27 juni 2023. Selain itu, acara ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi para peneliti, akademisi (profesor, dosen, dan mahasiswa), instansi pemerintah, konsultan, dan kontraktor untuk bertukar pengalaman, kemajuan teknologi, dan inovasi terkait rehabilitasi dan pemeliharaan di bidang teknik sipil. CEEDRiMS 2023 akan dihadiri oleh ratusan peneliti dari berbagai bidang teknik sipil, yaitu material, struktural, geoteknik, sumber daya air, transportasi, mitigasi bencana, dan/atau manajemen konstruksi dari seluruh indonesia untuk mempresentasikan makalah mereka.

Untuk memperluas forum nasional yang akan datang ini, panitia CEEDRiMS 2023 menawarkan beberapa institusi sebagai mitra universitas. Beberapa universitas dalam negeri wilayah Jawa Tengah dan DIY yang tergabung dalam BMPTTSSI komda 3 telah menjadi mitra dalam acara ini. Mereka akan mendukung seminar dengan menugaskan pembicara yang diundang, mengirimkan/menyajikan makalah, dan menominasikan reviewer. Institusi yang berminat menjadi sponsor juga akan diberikan fasilitas gratis untuk memajang logo institusi di backdrop, seminar kit, dan website konferensi.