Halaman Muka arrow Berita JTS arrow KUDA-KUDA KAYU ATAU BETON
KUDA-KUDA KAYU ATAU BETON Print E-mail

Oleh : Ir. Sunarmasto, MT

Dimuat di Harian JOGLOSEMAR, Minggu 02 Desember 2012


images/stories/lainnya/sunar.jpgPada semua bangunan gedung pasti memerlukan struktur atap untuk melindungi bangunan di bawahnya dari panas matahari dan hujan. Demikian juga apabila kita akan membuat bangunan rumah tinggal sederhana (satu lantai)  pasti akan memerlukan penutup atap. Penutup atap dapat berupa genteng, yang diletakkan di atas reng dan usuk, kemudian di bawahnya dibuat struktur penyangga yang biasa disebut kuda-kuda.

Pada umumnya kuda-kuda dibuat dari bahan kayu karena bahan kayu sangat mudah didapatkan, disamping itu biasanya bentang kuda-kuda pada rumah tinggal tidak terlalu lebar sehingga kayu masih dapat digunakan. Pada bentang yang lebih besar  kita tidak bisa atau kurang efisien apabila membuat struktur kuda-kuda dari kayu, dan kita dapat menggunakan bahan lain misalnya baja atau beton.

Beton bertulang sering dibuat sebagai struktur kuda-kuda. Maksud beton bertulang adalah suatu  bahan yang terbuat dari bahan beton dengan menambahkan baja tulangan di dalam beton tersebut. Kenapa perlu baja karena bahan beton adalah suatu bahan yang sangat kuat menahan gaya desak tetapi amat rapuh dalam menahan beban tarik, sehingga dalam struktur beton bertulang unsur baja akan menahan gaya tarik dan beton akan menahan gaya desak, karena pada setiap elemen struktur hampir dapat dipastikan ada gaya tarik dan desak.

 

Tentu saja mebuat kuda-kuda dari bahan beton tidak semudah membuat kuda-kuda kayu. Pada pembuatan  kuda-kuda kayu dapat dikerjakan dengan cukup mudah dan cepat, hanya diperlukan pekerjaan sambungan dan juga ikatan pada setiap sambungan tersebut. Pada pembuatan kuda-kuda beton perlu membuat cetakan (bekisting) yang dibuat dari papan dan kayu untuk mencetak, setelah itu di dalam cetakan dipasang baja tulangan dengan diameter dan jumlah tertentu baru kemudian bahan beton kita masukkan (cor) ke dalam cetakan tersebut.

Membuat struktur kuda-kuda dari bahan kayu maupun beton masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan, kelebihan dan kekurangan daricara membuatnya dan juga dari sifat bahannya sendiri. Kekurangan dan kelebihan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut ini.

Kelebihan bahan kayu diantaranya relatif mudah membuat, memerlukan waktu singkat dan begitu selesai dikerjakan dapat langsung dipasang dan juga dapat langsung dikerjakan pekerjaan selanjutnya seperti pemasangan usuk reng, sedangkan kekurangannya adalah bahan kayu lebih mahal, bahaya rapuh (dimakan rayap) dan perlu perawatan secara berkala.

 

Kelebihan bahan beton diantaranya harga lebih murah dibandingkan dengan kayu dan selama pemakaian tidak diperlukan  perawatan, sedangkan kekurangannya adalah agak lebih sulit membuatnya dan memerlukan waktu lebih lama (kira-kira 3 minggu) agar beton tersebut cukup kuat untuk menahan beban di atasnya yaitu usk, reng dan genteng.

 

$$$

Jurusan Teknik Sipil FT UNS Surakarta