Minggu, 20 Agustus 2017 pkl 14:43 WIB
Halaman Muka arrow Berita JTS arrow Juara Lomba Karya Tulis konstruksi
Juara Lomba Karya Tulis konstruksi Print E-mail

Elemen Bambu Bawa Hoki Kalahkan Pakar Konstruksi

images/stories/answar.jpg

Joglo semar ,29 Desember 2011

Anisaul Karimah berprestasi - Aza Nur Fauzi sedang rriemperlihatkan trofi dari Kementerian PU didampingi dosen pembimbingnya, Dr Sholihin As'ad MSc, Rabu (28/12), di kantor Humas UNS.

 

Tak diragukan lagi kebahagiaan yang dirasakan. Aza Nur Fauzi (21), mahasiswaTeknik Sipil UNS, angkatan 2007 ini berhasil menyabet gelar juara pertama dalam lomba karya tulis bidang kon-struksi yang digelar Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU)'tiga pekan lalu di Jakarta.

Karya tulis yang dibuatnya berjudul Desain Pemancangan Struktur Bindang'Penahan Tanah pada Basement Menggunakan Soil Nailing, Memanfaatkan Bambu sebagai Material Alternate yang Ramah Ling-kungan. Biasanya, kata dia, be-si baja banyak digunakan da­lam konsep ini, namun dirinya menilai kurang efisien. Ketika menggunakan bambu justru bambu memiliki tingkat daya

 

farik lebih tinggi daripada besi baja. "Dalam bangunan base­ment tentu butuh dinding kuat untuk menahan tanah, rupa-nya bambu sangat efektif untuk menahan itu, dicampur de-ngan semen untuk menghinda-ri kelapukan," terang dia.

Selain itu, jelasnya, dengan soil nailing (bambu yang dijalin) akan dapat memperkuat daya tank penguat dinding yang dita-nam dalam tanah. Cara ini merupakan upaya untuk menguatkan bangunan agar tidak terlalu pengaruhjika ada tanah longsor maupun gempa bumi.

Dari lomba bertajuk Menu-ju Konstiuksi Indonesia 2011 itu, yang paling membangga-kan lantaran dirinya merupa-kan satu-satunya peserta ber-status mahasiswa. Sementara

 

peserta lainnya merupakan pa-kar konstruksi, seperti dosen sipil maupun praktisi kon-. struksi. "Tidak menyangka ka-lau bisa mendapatkan juara pertama di antara peserta yang • notabene adalah para pakar konstruksi," tuturnya, kepada Joglosemar, Rabu (28/12).

Didampingi pembimbing- . nya, Dr Sholihin As'ad MSc, dia mengatakan karyanya diil-hami ketika mengikuti kuliah kerjadisebuah hotel diYogya-karta. Olehjuri yang terdiri da­ri. para pakar konstruksi dan juga para ahli serta praktisi, karya tulisnya dinyatakan se­bagai pemenang utama dan berhak atas hadiah uang pem-binaan-sebesar Rp 15juta, ser­ta trofi dan penghargaan lain­nya, • Anisaul Karimah

 

 

 

 

Jurusan Teknik Sipil FT UNS Surakarta