Jum'at, 18 Agustus 2017 pkl 00:13 WIB
Halaman Muka arrow Artikel Dosen arrow Gempa....Selalu Mengancam Kita...
Gempa....Selalu Mengancam Kita... Print E-mail
Article Index
Gempa....Selalu Mengancam Kita...
Komentar
Komentar

oleh Achmad Basuki

Belum usai penanganan gempa Tasikmalaya (Jawa Barat), kemarin telah terjadi lagi gempa yang mengguncang kota Padang (Sumatera Barat) dan sekitarnya dengan kekuatan 7,6 SR, bahkan goncangan gempa terasa sampai malaysia dan singapura.

Data sampai tulisan ini dibuat, sudah ribuan bangunan roboh, 75 meninggal (sementara ribuan masih belum diketahui nasibnya) … innalillahi wa inna ilaihi roji’un ………

Memang, dengan posisi Indonesia yang terletak diantara 2 pertemuan lempeng tektonik, yaitu 1) pertemuan lempeng asia dan australian, dan 2) pertemuan lempeng asia pasifik, memungkinkan Indonesia tidak bisa lepas dari ancaman terjadinya gempa, karena pertemuan lempeng-lempeng tersebut akan selalu bergerak, dan melepaskan energi (berupa getaran-getaran gempa.

Pertemuan lempeng Asia-Australia di Indonesia membentang dari sisi selatan pulau Sumatera (ingat terjadinya gempa dan tsunami di Aceh, 2004), sisi selatan pulau Jawa (ingat juga gempa Yogyakarta, 2006) terus sampai ke sisi selatan pulau-pulau di Nusa Tenggara Timur, sedang lempeng Asia-Pasifik membentang dari utara kepulauan Maluku sampai ke Papua.

Bila dilihat dari kerusakan dan korban yang ditimbulkan oleh terjadinya gempa, tampak banyak korban yang meninggal atau luka karena tertimpa reruntuhan bangunan – terutama pada bangunan rumah tinggal atau bangunan tingkat rendah (2-4 lantai) – yang menggunakan material beton/beton bertulang dan pasangan bata. Karena memang material tersebut yang saat ini lebih banyak digunakan. Namun demikian, sepertinya penggunaan material beton/beton bertulang dan pasangan bata pada konstruksi rumah tinggal atau gedung bertingkat rendah belum seluruhnya didesain/direncanakan tahan apabila terjadi gempa. Kalau untuk bangunan bertingkat banyak, sudah menjadi keharusan untuk memasukkan  beban gempa.

Untuk itu, guna mengantisipasi dan meminimalkan timbulnya korban material dan nyawa manusia apabila terjadi gempa, maka pengetahuan gempa dan cara membangun konstruksi yang tahan gempa ini perlu disampaikan kepada masyarakat, terutama bagi para praktisi bangunan dari pelaksana sampai perencana untuk bangunan yang sederhana sekalipun (rumah tinggal 1 lantai, dsb.). Paling tidak sebelum bangunan mengalami kerusakan/runtuh - penghuni dan pengguna bangunan mempunyai waktu yang cukup untuk menyelamatkan diri. Disamping itu, juga perlu diperhatikan cara evakuasi yang benar dan cepat untuk tindakan penyelamatan.


Komentar Anda


Komentar oleh Jasa Pembuatan Website pada 06 May 2017 00:43:45 AM

Memang, dengan posisi Indonesia yang terletak diantara 2 pertemuan lempeng tektonik jadi rawan sekali terjadinya gempa yang bisa saja disusul dengan terjadinya tsunami


Komentar oleh Jual Apartemen pada 02 Mar 2017 14:03:49 PM

Makanya perlu juga tangga darurat bila terjadi kebakaran ataupun gempa, banyak sekali gedung kantor, mall, sampai apartemen menyediakan tangga darurat untuk menjadi jalur evakuasi.


Komentar oleh jasmineazwa pada 09 Dec 2016 03:50:28 AM

Gempa di Aceh terjadi lagi, prihatin sama warga yang terkena musibah. Semoga diberikan ketabahan dan kesabaran bagi yang ditinggalkan.


Komentar oleh calseabone pada 21 Nov 2016 14:36:02 PM

sepertinya minggu lalu ada gempa dijawa timur berskala 6...


Komentar oleh alat servis laptop pada 14 Nov 2016 14:47:40 PM

tidak hanya korban jiwa yang diakiabatkan gempa, melainkan juga melemahkan tingkat ekonomi di daerah yang terkena gempa...


Komentar oleh Pembesar Penis pada 19 Oct 2016 01:44:17 AM

Gempa adalah salah satu bencana yang menakutkan dan memakan korban paling banyak.


Komentar oleh power supply digital pada 08 Oct 2016 13:29:59 PM

Memang, dengan posisi Indonesia yang terletak diantara 2 pertemuan lempeng tektonik jadi rawan sekali terjadinya gempa yang bisa saja disusul dengan terjadinya tsunami


Komentar oleh jual frutablend pada 26 Sep 2016 04:58:36 AM

satu tahun terakhir ini apa ada gempa ya di Indonesia? lupa hehe


Komentar oleh jual frutablend pada 26 Sep 2016 04:57:36 AM

satu tahun terakhir ini apa ada gempa ya di Indonesia? lupa hehe


Komentar oleh solder uap cody 852d pada 21 Sep 2016 12:34:23 PM

harus lebih berhati hati saja, segera selamatkan diri disaat gemppa terjadi, karna kita tidak tau kapan akan terjadinya gempa.




Jurusan Teknik Sipil FT UNS Surakarta