Jum'at, 18 Agustus 2017 pkl 00:16 WIB
Halaman Muka arrow Lab Hidroteknik arrow Laboratorium Hidroteknik
Laboratorium Hidroteknik
lab_hidro.jpg

Laboratorium Hidro Teknik Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret, mulai dirintis dan dioperasikan pada tahun 1986. Pada awal kegiatannya difungsikan sebagai sarana Praktikum Mahasiswa Teknik Sipil Fakultas Teknik UNS.
Kemudian secara bertahap, kemampuan Laboratorium ini ditingkatkan dengan pengadaan alat-alat dengan dana DIP, OPF dan pada akhir akhir ini dibantu dana dari Proyek DUE, bahkan pada akhir tahun 2000 Laboratorium Hidro Teknik dilengkapi dengan fasilitas Out Door Laboratory berupa saluran terbuka beserta kelengkapannya untuk model phisik.Laboratorium Hidro Teknik In Door, di samping untuk pengujian hidrolika, juga untuk pengembangan di bidang Hidrologi.

Peranan
Sesuai fungsi dan peranannya Laboratorium ini sejak tahun 1986 dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu:Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat. Kemudian kegiatan tersebut di atas terperinci antara lain:

Pendidikan
Untuk penelitian mahasiswa sendiri (Teknik Sipil FT UNS) maupun mahasiswa PTS di sekitar Kodya Surakarta. Sumber informasi untuk pengembangan Kurikulum dan Silabus.

Penelitian
Untuk penelitian dosen sendiri dalam rangka peningkatan kemampuannya. Untuk penelitian dosen dan mahasiswa dalam rangka research dari pihak sponsor tertentu. Untuk penelitian mahasiswa dalam rangka penyelesaian skripsinya.

Pengabdian Masyarakat
Melakukan konsultasi dalam perencanaan dan pengawasan pelaksanaan bangunan air. Melakukan kursus terkait dengan instansi atau lembaga yang memerlukan.

 

Staf Ahli di Laboratorium Hidroteknik
Peralatan di Laboratorium Hidroteknik
Kontak di Laboratorium Hidroteknik
Pengurus di Laboratorium Hidroteknik
Layanan di Laboratorium Hidroteknik
Jurusan Teknik Sipil FT UNS Surakarta