Minggu, 24 September 2017 pkl 02:54 WIB
Halaman Muka arrow Lab Mekanika Tanah arrow Laboratorium Mekanika Tanah
Laboratorium Mekanika Tanah
lab_mektan.jpg

 

Laboratorium Mekanika Tanah Fakultas Teknik UNS berdiri bersamaan dengan lahirnya UNS pada tahun 1976. Keberadaannya dimaksudkan untuk mendukung kegiatan perkuliahan di Jurusan Teknik Sipil saat itu.

Pada awal berdirinya, peralatan satu-satunya yang dimiliki hanya sondir/CPT. Kegiatan praktikum dilakukan di laboratorium Proyek Bengawan Solo (PBS) yang mempunyai fasilitas laboratorium yang relatif memadai.

Tahun 1982, gedung laboratorium Fakultas Teknik berdiri. Saat itu juga Universitas Sebelas Maret mengembangkan Laboratorium Sentral untuk memenuhi kebutuhan peralatan laboratorium yang masih sangat kurang. Sejumlah peralatan baru untuk penyelidikan tanah juga ikut didatangkan.

Pendanaan laboratorium sentral ini sebagian besar diperoleh dari dana OECF-Jepang. Sekitar tahun 1995, Laboratorium Mekanika Tanah yang berada dibawah lingkup laboratorium sentral Universitas Sebelas Maret, diserahkan ke Fakultas Teknik.

Hingga sekarang pengembangan laboratorium terus dilakukan. Beberapa tambahan fasilitas laboratorium diperoleh dari hibah MIGAS. Sumber daya manusia yang ada juga terus dikembangkan dengan cara studi lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Seiring dengan misi tridharma perguruan tinggi, laboratorium ini telah berperan sebagai sarana pendidikan yang dimanfaatkan untuk mendukung perkuliahan mekanika tanah. Sebagai fasilitas penelitian, laboratorium ini cukup banyak digunakan untuk penelitian dosen dan mahasiswa yang mengerjakan penulisan skripsi. Laboratorium ini juga terbuka melayani kebutuhan masyarakat dalam hal penyelidikan tanah dan kegiatan geoteknik lainnya.

Staf Ahli di Laboratorium Mekanika Tanah
Kontak di Laboratorium Mekanika Tanah
Pengurus di Laboratorium Mekanika Tanah
Peralatan di Laboratorium Mekanika Tanah
Layanan di Laboratorium Mekanika Tanah
Jurusan Teknik Sipil FT UNS Surakarta