• Pembelajaran dilakukan dengan pendekatan Student Centered Learning (SCL), Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem Based Learning (PBL).

    Praktek lapangan wajib dilaksanakan berkelompok dan membuat laporan berupa hitungan, gambar dan laporan.


    Survey dan pemetaan yang merupakan bagian dari Geodesi/Geomatika dengan produk utama peta dan gambar lainnya berkaitan dengan peta selalu digunakan dalam setiap tahapan daur rekayasa sipil.
    Peta sebagai salah satu alat bantu utama dalam pemodelan (perencanaan dan perancangan) dan pengambilan keputusan dalam daur pekerjaan rekayasa sipil.
    Peta skala besar lebih teliti dan lengkap dibanding peta dengan skala lebih kecil. Umumnya perencanaan menggunakan peta skala kecil hingga sedang, sedanggkan perancangan menggunakan peta skala besar.
    PP 10 Tahun 2000 mengatur ketelitian peta untuk perencanaan wilayah

    Bahan kuliah, tugas dan lain-lainnya perhatikan petunjuk untuk semester genap tahun 2013/2014.

    Surakarta, 18 Februari 2014

    Pengampu:

    Ir. Agus Prijadi Saido, MSc

  • Praktek Komputer Dasar:
    Menggunakan MS Windows, MS Word dan MS Excel dalam pekerjaan rekayasa sipil.
  • CAD dasar untuk rekayasa sipil bagi mahasiswa program D3 Bangunan Transportasi memberikan pembelajaran dan pelatihan penggunaan CAD tingkat dasar untuk pekerjaan rekayasa sipil. Materi meliputi dasar-dasar CAD 2D dengan kasus bangunan sipil dan infrastruktur transportasi sederhana. Kuliah dan praktikum dilaksanakan setiap minggu wajib bagi semua peserta. Tidak diadakan praktikum dan atau ujian ulangan kecuali dengan ijin ketua program studi.