Fasilitas Pendidikan

Sarana dan prasarana yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran di Program Studi Diploma III Teknik Sipil merupakan sarana dan prasarana gabungan antara dibawah kepemilikan Universitas, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Sipil dan Program Studi Diploma III. Sarana dan prasarana tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:

1. Gedung

Program Studi Diploma III memilikii fasilitas gedung yang representatif guna penyelenggaraan pelayanan administrasi dan proses belajar mengajar. Ruang kuliah dilengkapi dengan air conditioner dan audio visual.

Gedung Fakultas Teknik UNS terdiri dari enam gedung ( 13.000 m2) dimana Program Studi Diploma III Teknik Sipil menempati Gedung II, IV, V dan IV, baik untuk aktivitas manajerial, perkuliahan dan aktivitas laboratorium. Selain itu, Program Studi Diploma III Teknik Sipil di bawah Fakultas Teknik UNS mempunyai sejumlah ruangan dalam enam gedung yang dapat digunakan secara sharing untuk melaksanakan kegiatan penelitian dan seminar.

Program Studi Diploma III Teknik Sipil dilengkapi dengan 8 laboratorium dan ruang pustaka Prodi. Sejumlah ruang yang digunakan secara sharing dengan Program Studi lain, diantaranya adalah 300 m2 untuk ruang Perpustakaan Fakultas, 400 m2 untuk ruang seminar besar dan beberapa ruang kecil yang dimanfaatkan untuk kegiatan mahasiswa seperti studi kelompok dan interaksi social untuk menunjang atmosfer akademik yang baik.

2. Fasilitas Laboratorium

Tersedia  sembilan laboratorium pada Program Studi Diploma III Teknik Sipil dan dapat melayani kegiatan belajar mengajar, praktikum maupun penelitian. Fasilitas laboratorium tersebut digunakan secara sharing dengan Prodi S-1 Teknik Sipil. Penambahan peralatan maupun pustaka terus dilakukan seiring dengan perkembangan penelitian yang dilakukan oleh masing-masing laboratorium. Sementara itu, laboratorium pusat juga tersedia di lab Pusat UNS. Adapun laboratorium dan bengkel yang ada di Prodi D3 Teknik Sipil adalah sebagai berikut:

 Lab. Komputasi

 Lab. Teknik Penyehatan

 Lab. Geodesi

 Lab. Konstruksi Dasar

 Lab. Traffic Management

 Lab. Jalan Raya

 Lab. Bahan

 Lab. Geoteknik

 Lab. Hidroteknik

3. Fasilitas Pendukung

Fasilitas pendukung yang dimaksud adalah sarana dan prasarana penunjang berupa ruangan, alat maupun perabot yang disediakan untuk mendukung terwujudnya suasana belajar dan komunikasi yang lancar dan nyaman bagi dosen dan mahasiswa. Fasilitas pendukung misalnya titik hotspot di lingkungan Fakultas Teknik yang dikelola oleh Laboratorium Komputer Fakultas Teknik. Fasilitas ini dapat digunakan secara bebas oleh mahasiswa untuk mendukung proses pembelajaran.

Posted on June 24th, 2010 by admin

...

Welcome to

Terbaru

Arsip

Blogroll

 

June 2017
M T W T F S S
« Feb    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Masuk

Copyright © 2010 D3 Teknik Sipil Fakultas Teknik UNS.